Header Ads

Musik Vokal

Musik Vokal Grup

SENITULAR - Okatara menyatakan bahwa seni menyanyi dapat dikatakan sebagai seni musik yang menggunakan media vokal atau suara manusia. Dalam ilmu linguistik, vokal berarti bunyi bahasa yang dihasilkan oleh arus udara dari paru-paru melalui pita suara dan penyempitan pada saluran suara di atas glotis.

Sementara Pramuyuda menyatakan bahwa vokal bisa diartikan sebagai suara manusia karena suara-suara yang ditimbulkan oleh sesuatu. Suara Manusia Dibagi 3 (tiga):

Suara Wanita Dewasa

  1. Sopran (suara tinggi wanita)
  2. Messo Sopran (suara sedang wanita)
  3. Alto (suara rendah wanita)

Suara Pria Dewasa

  1. Tenor (suara tinggi pria)
  2. Bariton (suara sedang pria)
  3. Bass (suara rendah pria)

Suara Anak-anak

  1. Tinggi
  2. Rendah

Teknik Vokal

Teknik bernyanyi adalah cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring. Terdapat 4 (empat) teknik vokal yaitu sebagai berikut: (1) sikap badan, (2) pernapasan, (3) intonasi, dan (4) artikulasi.

Sikap Badan

Menurut Okatara (2011:28), sikap badan adalah posisi badan ketika seseorang sedang bernyanyi. Tubuh yang rileks adalah sikap yang baik dan benar. Secara fisik, sikap bernyanyi adalah seluruh bagian tubuh harus selalu dalam keadaan tidak kaku.

Menggerakan kaki, tangan, kepala, dan badan seperlunya. Secara kejiwaan, dalam menyanyi perlu jiwa yang lentur atau tidak tegang pikiran harus positif dan jiwa perlu larut pada gerakan musik, apabila fisik dan jiwa sudah lentur, harus disiapkan mental yang akan mendukung vokal yang enak.

Pernapasan

Dalam bernyanyi, pernapasan tidak hanya memegang peranan dalam memproduksi suara, tetapi juga untuk menghasilkan suara yang diinginkan dari suatu nyanyian. Pernapasan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pernafasan dada, pernapasan bahu, dan pernapasan diafragma.

Pernapasan Dada

Pernapasan dada umumnya dilakukan dengan membusungkan dada ketika mengambil napas untuk mengisi paru paru.

Pernapasan Bahu

Pernapasan perut umumnya dilakukan dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru pada saat mengambil atau menarik nafas.

Pernapasan Diagfragma

Pernapasan diafragma biasa disebut juga pernapasan rongga perut. Teknik pengambilan napas dilakukan dengan mengembangkan rongga perut atau diafragma, serta mengembangkan tulang rusuk.


Baca Juga : Jenis serta Genre Seni Musik

Intonasi

Intonasi didefenisikan sebagai tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat. Syarat-syarat terbentuknya intonasi yang baik adalah pendengaran yang baik, control pernapasan, dan musical feeling antara lain:

  1. pendengaran yang baik, alat pendengaran yang baik harus mampu mendengarkan, mengerti, serta membedakan nada tertentu,
  2. kontrol Pernapasan, napas bisa berfungsi untuk semua wilayah, termasuk pada saat anda ingin mempunyai intonasi yang baik. Sebab, intonasi yang baik juga harus didukung oleh pernapasan yang baik,
  3. Musical feeling, rasa musikal yang kita punya banyak menentukan bisa tidaknya kita menaklukkan intonasi dalam bernyanyi, sebab rasa yang tidak mempunyai sambungan sama sekali dengan nada dengan musik akan menjadi sesuatu yang terpisah/vokal yang kita ciptakan.

Artikulasi

Artikulasi diartikan sebagai perubahan rongga dan ruang dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa. Bentuk atau sikap mulut pada saat menyanyi sangat mempengaruhi pembentukan nada yang dihasilkan.

Suku kata atau kata, jika pada saat membaca atau berbicara, memiliki aksen- aksen tertentu dan tekananan pada bagian-bagian tertentu (Pramuyuda, 2010:82). Jadi, artikulasi merupakan pengucapan kata demi kata dengan jelas.

Memahami artikulasi adalah sebuah kemampuan dari seseorang penyanyi untuk dapat mengucapkan sebuah kata ke kalimat dan dari kalimat ke sebuah pesan secara keseluruhan dari sebuah lagu.

Menurut (Simanungkalit, 2008:42), beberapa hal yang berkaitan dengan huruf vokal dan konsonan yaitu: vokal adalah bunyi huruf-huruf hidup yang terdapat dalam jajaran alphabet yang pada dasarnya berkisar pada huruf a, i, u, e, o.

Sedangkan, konsonan adalah huruf-huruf mati dari 21 sisa alphabet/aksara itu. Kedua unsur tersebut akan menetukan bunyi dan arti kata-kata, karena itu dalam seni bernyanyi disebut juga alat artikulasi.

Bentuk Penampilan Musik Vokal

Musik vokal dapat ditampilkan dalam 5 (lima) bentuk yaitu solo vokal, duet vokal, trio vokal, kwartet vokal, dan paduan suara. Berikut akanj dijelaskan dari tiap-tiap bentuk penampilan musik vokal.

Solo vokal

Solo vokal adalah bentuk penyajianlagu oleh satu orang baik laki-laki maupun perempuan. Bentuk penyajian ini paling banyak dilakukan karena pada bentuk penyajian ini, penyanyi (solois) deiberikan kebebasan dalam berimprofisasi.

Duet Vokal

Duet vokal adalah bentuk penyajian lagu oleh dua orang, baik itu dua orang laki-laki, dua orang perempuan, maupun laki-laki dan perempuan. Bentuk penyajian ini relatif banyak dilakukan. Bentuk penyajian ini dapat dinyanyikan dengan satu suara maupun dinyanyikan dengan 2 suara yaitu suara 1 dan suara 2.

Trio Vokal

Trio vokal adalah bentuk vokal yang dinyanyikan oleh tiga orang, yang dalam penyajiannya ketiga solois munimal memiliki kualitas dan tekhnik vokal yang sama. Kelompok trio biasanya menyanyikan lagu dengan tiga suara dan saling mengisi.

Kwartet

Kwartet adalah bentuk penyajian vocal yang dinyanyikan oleh empat orang. Bentuk penyajian ini relatif jarang dilakukan yang disebabkan pembagian kurang efisien dan aransemen lagu akan lebih sulit.

Paduan Suara

Paduan suara adalah bentuk penyajian vokal oleh lebih dari 4 orang yang menyanyikan lagu lebih dari satu suara. Sedangkan, apabila lagu dinyanyikan hanya menggunakan satu suara maka bentuk tersebut di sebut Choir.

Membagi Suara dalam Musik Vokal

Penampilan sebuah musik vokal yang disajikan lebih dari satu orang akan lebih indah apabila lagu dinyanyikan lebih dari satu suara. Cara sederhana untuk membagi suara adalah dengan cara menurunkan atau menaikkan nada dari suara satu (nada aslinya) dan mengubah dengan cara mengurangi maupun menambahkan jumlah durasi ketukan pada beberapa not yang diinginkan.***

No comments

Powered by Blogger.