Header Ads

Fungsi Seni Lukis

 

Fungsi Seni Lukis

SENITULAR - Setiap kesenian punya ciri dan fungsi masing-masing, termasuk seni lukis bagi kehidupan manusia. Kesenian yang menggunakan alat canvas, alat, dan bahan lukis ini punya beberapa fungsi yang dijelaskan dalam beberapa kajian ilmiah.

Seni lukis merupakan salah satu kesenian yang mengutamakan tampilan visual bagi penikmatnya. Beragam jenis seni lukis memberikan fungsi pada setiap karyanya.

Seni lukis yang diciptakan memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Hal ini dapat menjelaskan mengapa karya seni lukis itu begitu penting. Berikut fungsi-fungsi dari seni lukis :

Fungsi Primer

Fungsi primer dari seni lukis adalah membuat suatu ketertarikan kepada lukisan yang diciptakan. Bagi pelukis, lukisan yang dibuat mampu mengungkapkan perasaan pribadi pelukis sehingga apa yang dilukisnya lebih memuaskan.

Sementara bagi pengunjung yang melihat, akan menimbulkan ketertarikan pada lukisan yang diciptakan dan dapat menenangkan hati para pengunjung.


Baca Juga : Tujuan dan Aliran Seni Lukis

Fungsi Sekunder

Dalam fungsi sekunder, lukisan bukan hanya sebagai ekspresi atau unsur yang dapat memunculkan ketertarikan tersendiri, tetapi lebih dikhususkan pada sesuatu yang dapat difungsikan.

Lukisan dapat menjadi sarana komunikasi yang baik bila tidak ada obyek yang nampak secara visual.

Selain itu, lukisan dapat difungsikan untuk bisnis, yakni dengan menjual karya lukisan anda kepada orang lain yang membutuhkan lukisan tertentu sebagai hiasan.

Fungsi Fisik

Fungsi fisik lebih dikhususkan pada nilai-nilai estetika yang didapatkan dari lukisan tersebut. Menjadikan lukisan sebagai penghias ruangan dapat menambah nilai estetika tempat atau ruangan yang ditempatinya.

Orang akan terkesan ketika berkunjung ke ruangan tersebut, bahkan dapat termotivasi, terlebih bila lukisan tersebut mengandung ekspresi yang kuat.

Itulah fungsi seni lukis bagi kehidupan manusia. Jika diejawantahkan akan lebih banyak lagi fungsi seni lukis dari berbagai perspektif pelaku dan penikmat kesenian.***

No comments

Powered by Blogger.