Header Ads

Pengertian Ensambel

Pengertian Ensambel

SENITULAR - Dalam bermain instrumen musik, bisa dilakukan dengan cara solo (sendiri) maupun bersama-sama (ensambel).

Bermain ensambel tentu tidak sesederhana bermain solo, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika kita terlibat dalam sebuah ensambel. Beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya

Tempo

Kekuatan permainan ensambel adalah pada keselarasan bunyi yang dihasilkan dari keharmonisan tempo. Jika hal ini diabaikan, maka secara keseluruhan musik akan hancur, walaupun hanya dilakukan oleh satu orang saja dalam sebuah ensambel. Jadi, tempo dapat dikatakan sangat penting.

Tuning nada

merupakan hal yang paling utama, terutama jika ensambel berkenaan dengan alat musik melodis (gitar, violin, piano dan sejenisnya). Nada yang tidak sesuai dengan tuning atau pengaturan yang seharusnya sesuai frekuensinya.

Misalnya dalam orkestra, jika tuning nada violin atau cello tidak pas, maka bukan bunyi yang harmonis yang tercipta, melainkan sebuah alunan musik yang membuat teinga tidak nyaman.


Baca Juga : Bentuk Khas Musik Klasik, Sonata

Persamaan hitungan

Berkenaan dengan ketepatan masing-masing pemain untuk melakukan penghitungan yang seragam. Jika ada 10 orang pemain ensambel dan 3 diantaranya melakukan hitungan awal yang salah pada saat memulai musik, maka musik yang disajikan akan tidak berbentuk.

Menunjuk pemimpin

Dalam sebuah ensambel biasanya terdapat seorang leader yang memimpin jalannya sebuah lagu yang akan dimainkan.

Pemimpin yang dimaksud haruslah memiliki kemampuan kepemimpinan dan bermusik yang baik atau mungkin paling baik diantara kelompoknya.

Cara bermain ensambel bisa dilakukan dengan menggunakan alat serupa maupun berbeda dalam satu kelompok musik. Dalam memainkan ensambel, terdapat 2 cara pengelompokkan instrumen; yakni ensambel instrumen ritmis dan ensambel instrumen melodis.

Ensambel instrumen ritmis dapat menggunakan: drum set, triangel, gong, kendang, tamborin, simbal dan lain-lain.

Sementara itu ensambel instrumen melodis meliputi: gitar, piano, violin, bas, pianika, rekorder dan alat-alat lain yang memiliki wilayah nada.

Ensambel merupakan memainkan alat musik dengan cara bersamasama. Ensambel bisa dilakukan menggunakan instrumen musik sejenis, seperti pianika dan rekorder.***

No comments

Powered by Blogger.