Header Ads

Pembagian Instrumen Musik

Instrumen Musik

SENITULAR - Telah kita bahas sebelumnya bahwa musik adalah bagian dari dunia bunyi. Tentu yang dimaksud adalah bunyi-bunyi yang disusun sedemikian rupa sehingga enak untuk didengar. Bunyi musik tersebut dimainkan melalui instrumen musik.

Instrumen musik bisa berupa vokal manusia atau menggunakan alat musik yang dibuat khusus dan dimainkan menggunakan anggota tubuh manusia seperti drum, gitar, piano, bas dan lain-lain.

Vokal

Bunyi musik dapat ditampilkan melalui alunan vokal manusia, yakni melalui kegiatan bernyanyi. Ketika bernyanyi, seseorang membunyikan alunan nada-nada yang dikeluarkan dengan benar akan terdengar indah.

Berdasarkan jumlah penyanyinya, musik vokal dapat kita bagi atas delapan jenis. Kedelapan jenis musik vokal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Solo, musik vokal yang dinyanyikan oleh satu orang
  2. Duet, musik vokal yang dinyanyikan oleh dua orang
  3. Trio, musik vokal yang dinyanyikan oleh tiga orang
  4. Kuartet, musik vokal yang dinyanyikan oleh empat orang
  5. Kuintet, musik vokal yang dinyanyikan oleh lima orang
  6. Sektet, musik vokal yang dinyanyikan oleh enam orang
  7. Oktet, musik vokal yang dinyanyikan oleh delapan orang
  8. Paduan suara, musik vokal yang dinyanyikan oleh banyak orang

Instrumen (alat musik)

Bunyi musik juga dapat ditampilkan melalui permainan alat-alat musik, seperti gitar, piano, recorder, pianika. Sama seperti ketika bernyanyi, ketika bermain alat musik, seseorang sebetulnya sedang membunyikan alunan nada-nada yang apabila dimainkan dengan baik akan terdengar indah.

Pengelompokan Instrumen Musik

Dalam bermain musik, mungkin kita tidak selalu mengetahui termasuk dalam jenis apakah alat musik yang kita mainkan?

Berdasarkan atas pengelompokannya, alat musik dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian, diantaranya adalah: berdasar atas cara memainkan alat musik, berdasar atas sumber bunyi alat musik, dan berdasar atas fungsi alat musik.


Baca Juga : Musik Intrumental

Alat Musik Berdasarkan Memainkannya

Alat musik tiup, yaitu alat musik yang cara memainkanya dengan meniup alat musik tersebut, contoh alat musik ini diantaranya: harmonika, rekorder, tuba, seruling, fl ute, basoon, horn, terompet, pianika, saksofon, klarinet dan lain-lain.

Alat musik gesek, yaitu alat musik yang cara memainkanya dengan menggesek alat musik tersebut, contoh alat musik ini diantaranya: biola, rebab, cello, violin, kontra bas, viola dan lain-lain.

Alat musik petik, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan me-metik alat musik tersebut, contoh alat musik ini diantaranya: gitar, bas, mandolin, harpa, siter, banjo, sasando, ukulele, dan lain-lain.

Alat musik tekan, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan menekan alat musik tersebut, contoh alat musik ini diantaranya: piano, organ, keyboard dan lain-lain.

Alat musik pukul, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan memukul alat musik tersebut.

Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkannya, alat musik bisa diklasifikasikan menjadi lima.

Aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari udara yang bergetar dengan cara ditiup atau dipompa. Contoh : flute, seruling, rekorder, tuba, melodeon, klarinet, saksofon dan horn yang cara memainkannya dengan ditiup. Akordion dengan dipompa.

Idiophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari batangan logam atau kayu yang dipukul atau sumber bunyinya berasal dari alat itu sendiri. Contoh : bellira, calung, angklung, kulintang, perangkat gamelan.

Elektrophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari rangkaian elektronika yang terdapat di dalam alat tersebut. Perkembangan teknologi saat ini membuat alat ini bisa mengeluarkankan suara dari berbgai jenis alat musik. Contoh keyboard. Organ elektrik, gitar elektrik, bass elektrik dan lain-lain.

Membranophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya bersumber pada getaran pada selaput tipis yang terbuat dari kulit atau plastik yang berbunyi dengan cara dipukul. Contoh : tamborin, rebana, bedug, drum set, ketipung, bongo, konga, timpani dan lain-lain.

Chordophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari rangkaian dawai yang bergetar karena dipetik, digesek maupun ditekan. Di petik : gitar, harpa mandolin, ukulele, banjo, siter, kecapi bas dan lain-lain. Di gesek : biola, viola, cello, double bass, rebab. Di tekan : piano akustik.

Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Berdasar atas fungsinya, alat musik dapat diklasifi kasikan dalam 3 jenis yaitu:

Alat musik melodis, yaitu alat musik yang dipakai untuk menghasilkan untaian nada (melodi) sebuah lagu, misalnya: seruling, saksofon, pianika, harmonika, flute, terompet, rekorder dan lain-lain.

Alat musik ritmis, yaitu alat musik untuk menciptakan irama (ritme) saat dimainkan, misalnya: ketipung, konga, bongo, bas, drum set, kendang dan lain-lain.

Alat musik harmonis, yaitu alat musik untuk menciptakan paduan nada (akor) saat dimainkan, misalnya: gitar, piano, keyboard, organ dan lain-lain.***

No comments

Powered by Blogger.