Header Ads

Naskah Teater Suksesi karya N. Riantiarno

Naskah Teater Suksesi karya N. Riantiarno

SENITULAR - Naskah teater suksesi merupakan karya N. Riantiarno yang pernah dipentaskan Teater Koma pada tanggal 28 September sampai 11 November tahun 1990 di Graha Bhakti Budaya – Taman Ismail Marzuki.

Berikut ini adalah sinopsis naskah teater Suksesi :

Sesudah KONGLOMERAT BERISRAWA dan PIALANG SEGITIGA EMAS, inilah episode ketiga dari tema konglomerasi : SUKSESI.

TEATER KOMA mencoba meraba makna dari peristiwa – peristiwa yang terjadi belakangan ini di sekitar kita dan menyajikan dalam bentuk yang khas. Ketika perkataan ‘suksesi’ mencuat ke permukaan.

Ketika syarat–syarat kepemimpinan yang baik ramai didiskusikan, ketika lonjakan–lonjakan ekonomi terasa mendesak–desak, ketika gosip berseliweran dan pada akhirnya membingungkan, ketika kita seakan berdiri di persimpangan jalan untuk maju atau menyimpang, TEATER KOMA menghadirkan semacam cermin untuk kita semua berkaca, sambil kadang–kadang tertawa.

SUKSESI bukan hanya kisah tentang liku–liku pergantian pimpinan, tetapi juga kisah tentang perjalanan panjang seorang calon pemimpin. Di dalamnya terkanding banyak pertanyaan, airmata, intrik, siasat, harapan masa depan yang lebih baik, dan juga renungan tentang moral kekuasaan.


Baca Juga : Naskah Teater Sampek Engtay Karya N. Riantiarno


Alih generasi kepemimpinan, bisa jadi merupakan masa–masa yang kritis, tetapi sesungguhnya bisa juga berjalan mulus tanpa sandungan, tergantung bagaimana para pemimpin terdahulu mempersiapkan cara – caranya.

Naskah SUKSESI, bercerita tentang raja bernama BUKBANGKALAN, yang kebingungan memilih penggantinya. Tak seorang pun dari keempat putra – putrinya yang ia anggap tepat untuk dipastikan sebagai calon raja.

Sementara itu, ia dikelilingi oleh para pembantu munafik, yang dengan berbagai cara mengincar tahta. Bukbangkalan pun bermain–main dan terjerat oleh permainannya sendiri. Togog dan Bilung, dua pembantu setianya, tak sanggup menolongnya. Seorang tokoh tenggelam, seorang tokoh lain kemudian muncul. Begitulah sejarah.

Kali ini, TEATER KOMA mencoba menyajikannya dalam sebuah lakon yang lucu bermutu. Lewat lakon–lakonnya terdahulu, TEATER KOMA sudah cukup membuktikannya.

Untuk membaca lebih lengkap naskah teater Suksesi karya N. Riantiarno dapat download di LINK BERIKUT.***

No comments

Powered by Blogger.