Header Ads

FX Harsono

FX Harsono

SENITULAR - FX Harsono adalah seorang seniman Indonesia yang lahir pada tanggal 29 Januari 1949 di Blitar, Jawa Timur. Ia dikenal sebagai seniman kontemporer yang kreatif dan inovatif dengan karya-karya seni yang berani dan kontroversial. Berikut ini adalah profil FX Harsono dan karya-karyanya yang terkenal.

 

Awal Karir

FX Harsono mulai mengejar karir sebagai seniman pada awal tahun 1970-an. Ia belajar seni rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih gelar sarjana seni rupa pada tahun 1975. Setelah itu, ia bergabung dengan Kelompok Seni Rupa Baru (New Art Group) yang didirikan oleh seniman senior Indonesia, Affandi.

Pada tahun 1980-an, FX Harsono mulai membuat karya seni yang lebih kontroversial dan mencerminkan persoalan sosial-politik Indonesia. Ia sering menggunakan berbagai media, seperti patung, lukisan, instalasi, dan karya seni multimedia untuk mengekspresikan pesan-pesan yang ingin disampaikan.

 

Karya-karya Terkenal

FX Harsono terkenal dengan karya-karya seninya yang berani dan kontroversial. Beberapa karya terkenalnya antara lain:

 

Writing in the Rain (1995)

Karya ini adalah sebuah instalasi seni yang terdiri dari tulisan-tulisan yang ditulis dengan air di atas lantai. Tulisan-tulisan tersebut mencerminkan ketidakstabilan politik dan sosial di Indonesia pada masa itu.

 

Baca Juga : Sudjojono

The Blackboard Room (1997)

Karya ini adalah sebuah instalasi seni yang terdiri dari ruangan kelas yang dikelilingi oleh papan tulis hitam yang dipenuhi dengan kata-kata dan gambar-gambar politik. Karya ini mencerminkan kondisi sosial-politik Indonesia pada masa itu.

 

Balada Orang-orang Tercinta (2011)

Karya ini adalah sebuah instalasi seni yang terdiri dari 2.000 butir kapsul berisi abu dari korban tragedi 1965. Karya ini mencerminkan trauma nasional yang masih dirasakan oleh banyak orang Indonesia.

 

History Repeats Itself (2014)

Karya ini adalah sebuah instalasi seni yang terdiri dari kaca patri dengan gambar burung merpati dan kalimat "history repeats itself". Karya ini mencerminkan persoalan yang sama yang terjadi di Indonesia pada masa lalu dan masa kini.

 

Penghargaan dan Pameran

FX Harsono telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi dalam dunia seni, antara lain The Prince Claus Award dari Belanda pada tahun 2014, dan Joseph Balestier Award for the Freedom of Art dari Amerika Serikat pada tahun 2018.

Karya-karyanya telah dipamerkan di berbagai tempat di seluruh dunia, termasuk di Museum of Modern Art (MoMA) di New York, Museum of Contemporary Art (MCA) di Chicago, Biennale di Venesia, dan documenta di Kassel, Jerman.

No comments

Powered by Blogger.